HUBUNGAN PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA DENGAN SIKAP PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS CIDAHU

Zulfaa Zaakiyah, Nisriinaa (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA DENGAN SIKAP PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS CIDAHU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100279_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100279_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Latar Belakang :SADARI termasuk pola pemeriksaan secara mandiri dengan proses di berbagai macam kondisi, pemeriksaan ini memiliki beberapa tahapan dalam prosessnya, pertama tahap pengamatan menggunakan cermin, kedua tahapan pemeriksaan kondisi luar payudara, ketiga pemeriksaan puting dan cairan yang keluar dari puting, keempat pemeriksaan dalam posisi tidur dengan Gerakan memutar untuk mengetahui kondisi payudara. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang kanker payudara dengan sikap pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap wanita usia subur di Puseksmas Cidahu. Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah remaja dan wanita usia subur sebanyak 150 responden. Hasil penelitian : Pengetahuan wanita usia subur di Puseksmas Cidahu sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup sebanyak 44 responden (40%) Sikap wanita usia subur di Puseksmas Cidahu di kategorikan baik sebanyak 60 responden (54,5%). Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan tentang kanker payudara dengan sikap pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap wanita usia subur di Puseksmas Cidahu, menunjukan 0.847 taraf signifikan 0,000 alfa α= 0,05 menyatakan bahwa hubungan ini cukup. Kata kunci : pengetahuan, sikap, sadari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:59
Last Modified: 02 Aug 2023 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item View Item