ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA RUMAH TANGGA TERHADAP ANAK (Studi Putusan Perkara Nomor: 130/Pid.Sus/2021/PN Kdl)

HIDAYAT, MUIZZ BINTANG NUR (2023) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA RUMAH TANGGA TERHADAP ANAK (Studi Putusan Perkara Nomor: 130/Pid.Sus/2021/PN Kdl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
30301900246_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan sebuah tindakan terhadap seseorang terutama perempuan dan anak yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Anak-anak yang semestinya menjadi penerus bangsa yang berpoteni serta penerus cita-cita bangsa, menjai terhambat akibat perlakuan orang tua yang salah dalam mendidik anak (child abuse). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penuntutan hukum terhadap tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak dan untuk mengetahui berat ringannya penuntutan hukum terhadap tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang dalam putusan perkara 130/Pid.Sus/2021/Pn Kdl. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kendal dengan memilih instansi yang terkait dengan perkara ini yakni di Pengadilan Negeri Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan melakukan studi pustaka dan melakukan pengumpulan data kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deksriptif kualitatif sehingga mengungkapkan hasil yang diharapkan dan kesimpulan atas permasalahan. Hasil penelitain ini menunjukan bahwa 1) Penerapan hukum pidana oleh Hakim terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga sudah sesuai karena penerapan dalam putusan Perkara Nomor 130/Pid.sus/2021/PN. Kdl telah sesuai dengan Pasal 44 ayat 2 UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang penghapusan Kekerasan Dalam Lingkum Rumah Tangga yang mengakibatkan korban mendapat jatuh sakit atau luka berat berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan. 2) Pertimbangan hukum oleh Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga dalam Perkara Nomor 130/Pid.sus/2021/PN.Kdl adalah meskipun Pelaku merupakan ayah kandung dari Korban tetapi apa yang dilakukan merupakan tindakan melanggar hukum dan dapat mengancam nyawa orang lain. Kata Kunci: Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Child Abuse, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:15
Last Modified: 02 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

View Item View Item