UPAYA HUKUM PENYELESAIAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH LESSEE DALAM PERJANJIAN LEASING (Studi Kasus FIFGROUP di Kabupaten Pati)

Cesardo, Muhammad Zaki (2023) UPAYA HUKUM PENYELESAIAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH LESSEE DALAM PERJANJIAN LEASING (Studi Kasus FIFGROUP di Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
30301900244_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai macam bentuk lembaga pembiayaan, salah satunya adalah leasing. Hingga saat ini belum ada peraturan yang secara khusus mengatur tentang leasing dengan efektif, sehingga menyebabkan kepastian hukumnya kurang terjamin. Fakta yang terjadi di lapangan sering kali ditemui berbagai macam kasus pihak lessee yang wanprestasi terhadap pihak lessor atas barang modal dan pembayaran angsurannya. Hal tersebut tentu akan menimbulkan akibat hukum berupa kerugian bagi lessor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh lessee dalam perjanjian leasing dan untuk mengetahui upaya hukum penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh lessee dalam perjanjian leasing di FIFGROUP di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan spesfikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi dokumen dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh lessee dalam perjanjian leasing di FIFGROUP di Kabupaten Pati adalah karakter lessee yang tidak jujur atau mempunyai itikad buruk, lessee tidak memiliki uang untuk membayar kewajibanya, lessee tergiur untuk mendapatkan uang dengan cara menjual atau memindahtangankan barang modal, jatuh tempo yang tidak pas bagi lessee dan lessee tidak mau membayar denda. Upaya hukum penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh lessee dalam perjanjian leasing di FIFGROUP di Kabupaten Pati yaitu musyawarah, penagihan, pemberian somasi, dan gugatan kepada debitor (lessee). FIFGROUP Pati pada dasarnya lebih mengutamakan penyelesaian secara kekeluargaan. Adapun bentuk penyelamatan yang dilakukan oleh FIFGROUP Pati yaitu rescheduling (penjadwalan kembali), restructuring (penataan kembali), dan recorditioning (persyaratan kembali). Kata Kunci : Upaya Hukum, Wanprestasi, Perjanjian Leasing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:55
Last Modified: 01 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30206

Actions (login required)

View Item View Item