TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TENTANG TINDAK PIDANA PENIPUAN INVESTASI DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus Putusan Nomor 724/Pid.B/2020/PN.Smg)

JUNIYANTO, MUHAMMAD RIZAL (2023) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM TENTANG TINDAK PIDANA PENIPUAN INVESTASI DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus Putusan Nomor 724/Pid.B/2020/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
30301900240_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman di Era Globalisasi terhadap naiknya ekonomi menimbulkan banyak terjadinya kejahatan jenis baru terkait tindak pidana penipuan di bidang ekonomi. Salah satunya yang sering terjadi adalah penipuan yang dilakukan dengan cara menghalalkan berbagai acara agar keinginannya terpenuhi dengan mengeksploitasi ketidaktahuan korbannya. Peran Pengadilan sangat dibutuhkan dalam banyak sedikitnya pidana yang terjadi, karena dalam menjatuhkan hukuman sangat ringan dibanding dalam ancaman hukuman di KUHP. Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui penerapan dasar pertimbangan hakim di dalam pemeriksaan perkara tindak pidana penipuan investasi di Pengadilan Negeri Semarang dan mengetahui hambatan-hambatan beserta solusi dalam pemeriksaan perkara tindak pidana penggelapan di Pengadilan Negeri Semarang Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Pendekatan Yuridis Sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder, teknik penyajian data, teknik pengolahan data dan metode analisa data. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara, studi pustaka dan analisis data. Hasil Penelitian , Penerapan hukum tindak pidana penipuan investasi dalam perkara putusan Pengadilan nomor 724/Pid.B/2020/PN.Smg di Pengadilan Negeri Semarang, unsur barang siapa dan unsur dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum. Berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan terdakwa dinyatakan bersalah melanggar pasal 378 KUHP dan dijatuhi hukuman oleh Majelis Hakim dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 10 (sepuluh) bulan. Hambatan-hambatan yang terjadi meliputi hambatan internal dan hambatan eksternal serta solusinya, kurang sekali adanya sosialisasi hukum pidana penipuan investasi. Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Penipuan, Putusan Pengadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:14
Last Modified: 02 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item View Item