HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU MOBILISASI DINI PASIEN POST LAPARATOMI DI RUANG RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Wafa, Inayatul (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU MOBILISASI DINI PASIEN POST LAPARATOMI DI RUANG RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100269_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100269_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Latar Belakang : Laparatomi merupakan teknik sayatan yang dilakukan pada daerah abdomen pada operasi bedah digestif dan obgyn. Perilaku mobilisasi dini adalah suatu upaya yang dilakukan selekas mungkin setelah operasi dimulai dari latihan ringan di atas tempat tidur sampai dengan bisa turun dari tempat tidur, berjalan ke kamar mandi dan berjalan ke luar kamar. Fenomena masalah yang dialami pasien post laparatomi mengaku merasa takut terlalu banyak bergerak karena terasa nyeri pada luka di bagian tubuh mereka yang telah dioperasi dan takut jahitan luka operasinya terlepas kemudian lukanya berdarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan motivasi dengan perilaku mobilisasi dini pasien post laparatomi di ruang rawat inap. Metode : jenis penelitian analitik korelatif. Pengumpulan data dengan lembar kuesioner. Jumlah responden 48 orang, teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data diolah secara statistik dengan uji sommers’d. Hasil : Hasil analisa data 48 responden, mayoritas responden memiliki pengetahuan yang cukup yaitu sebanyak 24 orang (50%), mayoritas memiliki motivasi yang tinggi yaitu sebanyak 22 orang (45,8%), mayoritas mobilisasi dini responden adalah cukup sebanyak 24 orang (50%). Kesimpulan : Ada hubungan pengetahuan dengan perilaku mobilisasi dini pasien post laparatomi di ruang rawat inap dengan p value 0,000 < α 0,05 dan nilai r = 0,669 memiliki korelasi keeratan kuat, sedangkan antara motivasi dengan perilaku mobilisasi dini ada hubungan antara motivasi dengan perilaku mobilisasi dini pasien post laparatomi di ruang rawat inap dengan p value 0,000 < α 0,05 dan nilai r = 0,270 memiliki korelasi keeratan kuat. Kata kunci : Pengetahuan, Motivasi, Perilaku Mobilisasi, Laparatomi. Daftar pustaka : 40 (2012-2021).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:56
Last Modified: 01 Aug 2023 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30193

Actions (login required)

View Item View Item