GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN CHRONIC KIDNEY DIESEASE (CKD) YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Kasa Nova, Iin (2023) GAMBARAN TINGKAT SPIRITUALITAS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN CHRONIC KIDNEY DIESEASE (CKD) YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100268_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100268_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

Latar belakang : Chronic Kidney Diesease merupakan kondisi dimana mengalami penurunan fungsi ginjal secara bertahap dan berkepanjangan yang menyebabkan penumpukan produk sisa metabolisme yang memerlukan terapi Hemodialisis. Terapi hemodialisis yang berkepanjangan dapat menyebabkan pasien mengalami perubahan pada kualitas hidup dan spiritualitasnya. Tujuan : Mengetahui gambaran tingkat spiritualitas dan kualitas hidup pasien (Chronic Kidney Diesease) CKD yang menjalani hemodialisis di RSI Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif non-eksperimental penelitian bersifat deskriptif observasional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 59 responden dengan menggunakan total populasi. Pengumpulan data tingkat spiritualits menggunakan Daily Spiritual Experience Scale (DSES) dan Word Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF). Hasil : Penelitian ini menunjukan tingkat spiritualitas rendah (0%), tingkat spiritualitas sedang (15,3%), tingkat spiritualitas tinggi (84,7%) dan Kualitas hidup kurang baik (44,1%) kualitas hidup baik ( 55,9%). Kesimpulan: Gambaran Tingkat spiritualitas tinggi (84,7%) dan Kualitas kualitas hidup Baik (.44,1%) pada pasien yang menjalani hemodialisis di RSI Sultan Agung. Kata kunci : Tingkat Spiritual, Kualitas Hidup, Chronic Kidney Disease, Hemodialisis Dafftar pustaka : 33 (2012 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:53
Last Modified: 01 Aug 2023 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item