GAMBARAN PENYAKIT PENYERTA DAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Chovivah, Ida (2023) GAMBARAN PENYAKIT PENYERTA DAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100266_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100266_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes mellitus (DM) atau yang biasa disebut kencing manis yang ditandai dengan kenaikan kadar glukosa darah atau hiperglikemi sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin merupakan gangguan metabolisme kronis. Diabetes Mellitus merupakan salah satu penyakit yang berpotensi tinggi menyebabkan munculnya penyakit lain misalnya komplikasi kardiovaskuler. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang akan diderita seumur hidup sehingga progresifitas penyakit akan terus berjalan, pada suatu saat dapat menimbulkan komplikasi. Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain deskriptif analtik restropektif study. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel 62 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat untuk menganalisis semua karakteristik responden disetiap variabelnya dan dilihat distribusi frekuensi serta gambaran karakteristik. Hasil : Gambaran penyakit penyerta dan kadar glukosa darah pada pasien diabetes mellitus didapatkan kadar glukosa responden terbanyak adalah kadar buruk dengan jumlah 25 orang (39.7%) Dan paling sedikit dengan kadar normal sebanyak 8 orang (12.7%). Penyakit penyerta paling banyak terdapat pada penyakit penyerta lainnya sebanyak 25 responden (40.3%), dan paling sedikit menderita penyakit penyerta arteri perifer (PAD) sebanyak 1 orang (1.6%). Penyakit penyerta lainnya pada penelitian ini adalah responden yang menderita penyakit penyerta lebih dari satu penyakit. Kesimpulan : Semakin tinggi kadar glukosa darah maka semakin tinggi potensi untuk mengalami komplikasi. Kata Kunci : Penyakit Penyerta, Kadar Glukosa Darah Daftar Pustaka : 34 (2016-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:11
Last Modified: 02 Aug 2023 02:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item