TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN MENURUT PASAL 170 AYAT (1) KUHP (Studi Putusan No. 19/Pid.B/2021/Pn.Unr)

TAMIMI, MUHAMMAD IQBAL (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN MENURUT PASAL 170 AYAT (1) KUHP (Studi Putusan No. 19/Pid.B/2021/Pn.Unr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
30301900228_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana atau yang dikenal dalam bahasa belanda sebagai Straafbarfeit yang mana artinya adalah suatu perbuatan yang boleh dihukum. Tindak pidana pengeroyokan adalah bentuk kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama terhadap orang lain yang dapat menyebabkan luka-luka hingga meninggal dunia sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pasal 170 ayat (1) KUHP dan pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Ungaran terhadap tindak pidana pengeroyokan pada putusan no. 19/Pid.B/2021/Pn.Unr. Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yuridis normatif. Pendekatan ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan sekunder yang datanya diperoleh dari buku, dokumen dan atau sumber lain yang berdasarkan kekuatan mengikatnya secara hukum. Penerapan Pasal 170 ayat (1) KUHP terhadap putusan perkara no. 19/Pid.B/2021/Pn.Unr sedikit berbeda dari ancaman pidana yang ada dalam Pasal tersebut, dimana putusan pidana yang dijatuhkan oleh Hakim tergolong lebih rendah yaitu 1 (satu) tahun 8 (delapan) bulan dikurangi masa penahanan dan penangkapan para Terdakwa dibandingkan dengan ancaman pidana dalam Pasal 170 ayat (1) KUHP yaitu 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan. Pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Ungaran dalam menjatuhkan pidana kepada para Terdakwa didasari oleh sifat yuridis dan non-yuridis. Dimana pertimbangan yuridis merupakan pertimbangan hakim yang didasarkan pada fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan, sedangkan pertimbangan non-yuridis dilihat dari latar belakang para Terdakwa, akibat perbuatannya, kondisi diri para Terdakwa, keadaan sosial dan ekonomi para Terdakwa. Kata Kunci : Pengeroyokan, Penerapan Pasal, Pertimbangan Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:46
Last Modified: 01 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item