PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI BERITIKAD BAIK DALAM SENGKETA JUAL BELI TANAH (Studi Kasus Putusan Nomor : 10/Pdt.G/2020/PN Kng.)

HIDAYAT, MUHAMMAD ALI NUR (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI BERITIKAD BAIK DALAM SENGKETA JUAL BELI TANAH (Studi Kasus Putusan Nomor : 10/Pdt.G/2020/PN Kng.). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
30301900222_fullpdf.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian iniIbertujuan untuk mengetahuiIdan memahami kriteria atau persyaratan yang wajibIdipenuhi agar seseorang (pembeli dan penjual) dikatakan beritikad baik dalam transaksi jual beli serta untuk memahami dan menganalisis bentuk perlindunganIhukum yang dapat diperoleh pembeli yang beritikad baik dalam transaksi jual beli tanah (studi putusan No.10/Pdt.G/2020/PN.Kng). Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis-Normatif. Spesifikasi Penelitian merupakanLpenelitianLstudi dokumentasi Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan penelitian pustaka dan riset dokumen. analisis data dengan cara menarik kesimpulan dari statment universal ke statment spesial. Hasil penelitianIdari penulisanIini menunjukkanIbahwa Kriteria yang wajib dipenuhi agar seseorang (Pembeli dan penjual) dikatakan beritikad baik dalam transaksi jual beli ialah: Dari pihak pembeli, wajib membuktikan kepemilikan tanah yang sah yang dibeli dari pihak penjual sebagai pemilik tanah, dilakukan di hadapan PPAT, dan tanah sebagai objek jual beli tidak sedang dalam sita atau perkara; sedangkan dari pihak Penjual, wajib memenuhi Bukti Kepemilikan tanah/Kuasa Jual ketika bertindak sebagai kuasa jual, Bukti pembayaran pajak, berdasarkan Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata dan ketentuan hukum Islam yang diatur dalam surah an-Nisaayat 29. PerlindunganIhukumLterhadap pembeli yangLberitikadLbaik atas perikatan jual-beli hak atas tanah dalam Putusan No.10/Pdt.G/2020/ PN Kng. ialah bahwa pihak pembeli dapat mengajukan hak nya melalui gugatan kepada pihak penjual di Pengadilan. Dengan adanya putusan Pengadilan No.10/PDT/PN-Kng pada pertimbangan hakim yang berdasar pada ketentuan hukum yang ada, baik dalam KUHPerdata maupun Perjanjian yang mengikat keduanya, pihak pembeli memiiki kedudukan dan hak yang sama dengan pihak Penjual, sehingga dalam hal ini Pembeli berhak memperoleh perlindungan hukum dari Negara. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pembeli, Itikad Baik, Sengketa, Jual Beli Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:16
Last Modified: 01 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30166

Actions (login required)

View Item View Item