HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI TERHADAP KESIAPAN LAKTASI PADA PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG

Waitah, Winaningsih (2023) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI TERHADAP KESIAPAN LAKTASI PADA PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900235_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900235_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Latar Belakang: Keberhasilan suatu kehamilan sangat dipengaruhi oleh status gizi. Kebutuhan gizi ibu hamil untuk pemenuhan kebutuhan gizi ibu serta janin yang ada didalam kandungan. Nutrisi terpenting yang didapat bayi sejak dini adalah ASI karena nilai gizinya yang cukup besar. Sifat ASi mudah diserap oleh tubuh bayi, membantu perkembangan dan pertumbuhan serta memberikan zat kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Salah satu aspek yang mempengaruhi kandungan dan kualitas ASI adalah status gizi ibu menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi ibu hamil terhadap kesiapan laktasi pada primigravida di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan desain cross-sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 105 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengukuran status gizi menggunakan lembar observasi sedangkan pengukuran kesiapan laktasi menggunakan kuesioner Kesiapan Memberikan ASI Eksklusif. Hasil: Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan antara status gizi terhadap kesiapan laktasi pada primigravida dimana p value = 0,029 (p value <0,05) yang artinya ada hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap kesiapan laktasi pada primigravida di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi terhadap kesiapan laktasi pada primigravida di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang Kata kunci: Primigravida, Status Gizi, Kesiapan Laktasi Daftar Pustaka: 100 (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:50
Last Modified: 02 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30161

Actions (login required)

View Item View Item