PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA AKHIR PROFESI NERS DAN PROFESI BIDAN DI KOTA SEMARANG

Duwiyanti, Wa’aini (2023) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA AKHIR PROFESI NERS DAN PROFESI BIDAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900234_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900234_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Latar belakang : Kecemasan adalah sensasi ketidaknyamanan atau stres yang tidak jelas yang digabungkan dengan reaksi otonom, sensasi ketakutan yang ditimbulkan oleh prediksi terhadap bahaya. Kecemasan timbul akibat adanya respon terhadap kondisi stres atau konflik. Rasa tidak nyaman pasca menghadapi dunia pekerjaan disebabkan oleh kurangnya informasi yang cukup, tidak yakin dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Kecemasan menghadapi dunia kerja dapat menyebabkan berkurangnya komitmen, putus karir, dan perilaku pribadi dalam hal kemauan untuk bekerja di bidang kesehatan. Tujuan : Mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasisiwa akhir profesi ners dan profesi bidan di kota semarang Metode : Jenis pendekatan komparatif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa akhir profesi ners dan profesi bidan di Kota Semarang. Teknik yang digunakan untuk mahasiswa profesi ners adalah simple random sampling sebanyak 64 responden, sedangkan teknik yang digunakan untuk mahasiswa profesi bidan adalah total sampling sebanyak 64 responden dengan jumlah total 128 responden. Uji beda yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitnay Hasil : Nilai p 0,000 dengan p value (p<0,05). Hasil ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antra mahasiswa akhir profesi ners dan profesi bidan di Kota Semarang. Dengan perbedaan tersebut menunjukkan bahwa kecemasan dengan kategori rendah. Simpulan : Sebagian besar mahasiswa profesi ners mengalami tingkat kecemasan dengan kategori rendah (76,5%) dan sisanya mengalami tingkat kecemasan dengan kategori sedang (23,5%). Sedangkan seluruh mahasiswa profesi bidan mengalami tingkat kecemasan dengan kategori rendah (100%). Hasil analisi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecemasan yang signifikan antara mahasiswa akhir profesi ners dan profesi bidan dalam menghadapi dunia kerja dengan rata rata tingkat kecemasan profesi ners 76,82 dan profesi bidan 52,18. Kata kunci : Kecemasan, Dunia Kerja, Mahasiswa Profesi Ners, Mahasiswa Profesi Bidan Daftar pustaka : 28 (2016-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:14
Last Modified: 02 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30159

Actions (login required)

View Item View Item