ANALISIS YURIDIS PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PATI

Lestari, Maulinda (2023) ANALISIS YURIDIS PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
30301900206_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mengantarkan masyarakat menuju globalisasi telekomunikasi media dan informatika. Salah satu jenis media elektronik yang digunakan hampir semua kalangan adalah media sosial. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses penyidikan tindak pidana pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial di Kepolisian Resor Kota Pati dan mengetahui tentang kendala dan solusi penyidik dalam menanganikasus tindak pidana pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis merupakan pendekatan yang menjelaskan bahwa mengkaji mengenai ketentuan hukum yang berlaku dan apa yang terjadi di masyarakat. Hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses penyidikan pencemaran nama baik yang dilakukan di media sosial yaitu yang diatur dalam undang-undang ini untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya. Untuk tahap akhir yaitu dengan melimpahakan Penyerahan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut Umum sebagaimana dalam Pasal 8 Ayat (3) KUHAP dilakukan dengan dua tahap yakni tahap pertama, menyerahkan berkas perkara dan tahap kedua penyerahan tanggungjawab tersangka dan barang bukti setelah berkas perkara yang dinyatakan sudah lengkap ke Kejaksaan Penuntut Umum. Kendala Penyidik Dalam Menangani Kasus Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik Yang Dilakukan Melalui Media Sosial yaitu Kurangnya ahli Bahasa, Kurangnya partisipasi saksi dalam memberikan keterangan dalam proses penyidikan, Masih banyaknya penyidik yang tingkat penyidikannya masih rendah. Kata Kunci : Penyidikan, Tindak Pidana, Pencemaran Nama Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:15
Last Modified: 01 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item