PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME ATAS GANGGUAN JARINGAN INTERNET (Studi pada Konsumen IndiHome di Kabupaten Demak)

ROHMAYANTI, LISDA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME ATAS GANGGUAN JARINGAN INTERNET (Studi pada Konsumen IndiHome di Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
30301900196_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini teknologi berkembang dengan semakin pesat, kebutuhan manusia semakin tinggi untuk melakukan komunikasi dan memperoleh informasi terutama melalui media internet. Teknologi informasi dan komunikasi (Telekomunikasi) telah menjadi kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai perusahaan menghasilkan beragam layanan jasa internet salah satunya adalah PT.Telekomunkasi Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan layanan jasa IndiHome. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen IndiHome atas gangguan jaringan Internet di Kabupaten Demak, 2. Untuk mengetahui kendala dan solusi perlindungan hukum terhadap konsumen IndiHome apabila terjadi gangguan jaringan internet di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer yang bersumber dari hasil wawancara di lapangan dengan konsumen pengguna jaringan Wi-Fi IndiHome dan data kuesioner serta dilengkapi oleh data sekunder yang terdiri dari bahan hukum, jurnal, dan hasil penelitian yang resmi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perlindungan hukum yang diberikan oleh PT.Telkom kepada konsumennya yaitu, secara preventif memberikan penjelasan atau sosialisasi kepada konsumen, sedangkan perlindungan hukum secara represif melalui pendekatan persuasif dengan melakukan musyawarah, dengan memberlakukan Pasal 19 dan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen. Kendala dalam pelaksanaan perlindunga hukum, yaitu kurangnya pengetahuan pengguna mengenai hak dan kewajian sebagai konsumen, kurangnya kesadaran diri pengguna terhadap hak dan kewajiban terhadap konsumen, dan kurangnya kesadaran perusahaan penyedia jaringan Wi-Fi IndiHome terkait pentingnya memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen. Melihat kendala yang dihadapi dalam pelaksaan perlindungan hukum, maka solusi yang dapat di berikan adalah memberikan pembinaan, pendidikan dan informasi kepada pengguna tentang hak dan kewajiban sebagai konsumen, meningkatkan kesadaran diri pengguna terkait hak dan kewajiban sebagai konsumen, dan memberikan ketegasan terhadap perusahaan penyedia jaringan Wi-Fi IndiHome terkait pentingnya memerikan perlindungan hukum terhadap konsumen. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, IndiHome

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:42
Last Modified: 01 Aug 2023 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item View Item