HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER SERVIKS YANG DILAKUKAN TINDAKAN KEMORADIASI (CANCER TREATMENT) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

Yuliani, Sovi (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN KANKER SERVIKS YANG DILAKUKAN TINDAKAN KEMORADIASI (CANCER TREATMENT) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900224_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900224_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Latar belakang : Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel leher rahim. Kemoradiasi adalah perpaduan terapi kanker kemoterapi dan radiasi. Efek samping yang muncul pada pengobatan kemoradiasi menyebabkan dampak negatif pada fisik dan juga psikis. Efek psikis yang sering muncul adalah kecemasan. Dukungan keluarga diperlukan untuk mengurangi efek psikologis yang timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Kanker Serviks Yang Dilakukan Tindakan Kemoradiasi (Cancer Treatment) Di RSUP Dr. Kariadi Semarang Metode; Pebelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desaign penelitian ini secara cross sectional. Sampel dipilih mengunakan teknik total sampling sebanyak 83 responden. Instrumen pengambilan data dengan menggunakan lembar kuesioner. Hasil; Hasil uji statistik Spearman Rank didapatkan hasil probabilitas atau nilai p = 0,000 lebih kecil dari α 0,05 dan nilai kekuatan korelasi Spearman seebesar 0,928 maka hal tersebut dinyatakan sangat kuat. Dengan demikian arahnya korelasinya positif maka untuk arah panahnya sendiri itu sama sehingga terjadi bila mana dukungan keluarga baik maka tingkat kecemasan ringan Simpulan: Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dan tingkat kecemasan pasien kanker serviks yang dilakukan tindakan kemoradiasi. Kata Kunci: Kanker Serviks, Kecemasan ,Dukungan Keluarga Daftar Pustaka: 35 (2014-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:18
Last Modified: 01 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item