HUBUNGAN ANTARA STATUS KEHAMILAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG

Nurmala Sari, Siti (2023) HUBUNGAN ANTARA STATUS KEHAMILAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900222_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900222_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Latar Belakang : Status kehamilan yang tidak diinginkan terjadi karena ibu tidak siap untuk hamil dan akan berdampak pada perilaku ibu selama kehamilan yaitu ibu cenderung tidak melalukan kunjungan pelayanan antenatal atau kunjungan pemeriksaan kehamilan. Kecemasan merupakan sesuatu keadaan yang normal terjadi dalam berbagai keadaan seperti pertumbuhan, adanya perubahan dan pengalaman baru. Kecemasan adalah suatu sinyal yang menyadarkan, memperingatkan adanya bahaya yang mengancam dan memungkin seseorang mengambil tindakan untuk mengatasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara status kehamilan dengan tingkat kecemasan pada primigravida di wilayah kerja puskesmas bangetayu semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-secional. Sampe yang digunakan adalah ibu hamil primigravida diwilayah kerja puskesmas bangetayu semarang. Jumlah responden sebanyak 93 orang dengan teknik total sampling. Data yang di peroleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji chi-square. Hasil : Berdasarkan hasil Analisa diperoleh bahwa dari 93 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik usia produktif sebanyak 78 (84.0 %), dengan karakteristik tingkat pendidikan SMA/SMK sebanyak 51 (54.8%) dan karakteristik pekerjaan sebagian besar adalah ibu hamil yang tidak bekerja sebanyak 41 (44.1%) responden. Simpulan : Terdapat hubungan antara status kehamilan engan tingkat kcemasan pada primigravida di wilayah kerja puskesmas bangetayu semarang (p value = 0.00 <0.5) Kata kunci : Primigravida, Status Kehamilan, Kecemasan Daftar Pustaka : 47 (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:15
Last Modified: 31 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item