HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN SIKAP TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR PADA WANITA USIA SUBUR DI DESA GETAS WONOSALAM DEMAK

Masruroh, Siti (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN SIKAP TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR PADA WANITA USIA SUBUR DI DESA GETAS WONOSALAM DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900219_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900219_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Latar Belakang : Skrining pada kanker serviks di Indonesia masih sangat sedikit. Di karenakan kurangnya pengetahuan tentang skrining kanker serviks serviks pada wanita Indonesia, hanya sekitar 5% wanita Indonesia yang terpapar spesimen pewarnaan Papanicolaou atau Pap smear. Pengetahuan yang baik akan membentuk sikap yang mendukung pula untuk pap smear Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kanker serviks dengan sikap terhadap pemeriksaan papsmear Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah Wanita Usia Subur di Desa Getas Wonosalam Demak. Teknik yang digunakan adalah non probabiliy sampling sebanyak 109 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pearson chi square. Hasil : Hasil penelitian menggunakan analisis chi square, terbukti bahwa p value = 0.00 (p<0.5). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap terhadap pemeriksaan papsmear. Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan tingkat sedang antara tingkat pengetahuan dengan sikap terhadap pemeriksaan papsmear. Tanda positif tersebut menunjukkan bahwa arah korelasi sama, yang artinya semakin rendah tingkat pengetahuan maka sekain menurun sikap terhadap pemeriksaan papsmear dan sebaliknya semakin tinggi tingkat pengetahuan tentang kanker serviks maka semakin meningkat sikap terhadap pemeriksaan papsmear. Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan kebanyakan responden memiliki tingkat pengetahuan cukup. Sebagian besar responden memiliki sikap tidak mendukung pemeriksaan papsmear. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang kanker serviks dengan sikap terhadap pemeriksaan papsmear. Kata kunci : Pengetahuan, sikap, kanker serviks, papsmear Daftar Pustaka : 51 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:23
Last Modified: 31 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30135

Actions (login required)

View Item View Item