EFEK PEMODERASI CREDIT RISK MANAGEMENT TERHADAP DAMPAK KINERJA KOMITE AUDIT DAN KOMITE KREDIT TERHADAP NON-PERFORMING LOAN BPR DI SEMARANG

Sutarip, Sukawi (2022) EFEK PEMODERASI CREDIT RISK MANAGEMENT TERHADAP DAMPAK KINERJA KOMITE AUDIT DAN KOMITE KREDIT TERHADAP NON-PERFORMING LOAN BPR DI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200056_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Credit Risk Management sebagai variable mediasi antara pengaruh credit comitee dan credit auditor terhadap Non Performing Loan (NPL) BPR di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah merupakan tipe penelitian eksplanatory research yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variable yaitu Non Performing Loan; Credit Committee; Audit Committee; dan Credit Risk Management. Tehnik pengambilan Sampel dalam penelitian adalah sensus yaitu seluruh populasi merupakan sample. Sample dalam penelitian ini adalah 83 BPR di Kota Semarang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa credit comitee dan Audit Committee berpengaruh negative signifikan terhadap Non Performing Loan (NPL), yang artinya bahwa credit comitee dan Audit Committee mampu menurunkan Non Performing Loan (NPL) secara signifikan. Kemudian, Credit Risk Management memoderasi pengaruh credit comitee dan Audit Committee terhadap Non Performing Loan (NPL) yang artinya bahwa implementasi Credit Risk Management yang efektif akan meningkatkan pengaruh credit committee dan Audit Committee dalam menurunkan Non Performing Loan. Sehingga BPR harus mengimplementasikan manajemen resiko kredit secara efektif untuk menguatkan pengaruh komite kredit dan komite audit dalam menekan kredit macet. Kata Kunci : Non Performing Loan; Credit Committee; Audit Committee; Credit Risk Management.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:54
Last Modified: 02 Aug 2023 01:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item