HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MENGGOSOK GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Puspita Dewi, Shinta (2023) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MENGGOSOK GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900210_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900210_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi pada anak kerap terjalin sebab tingkatan dalam perawatan gigi pada anak belum seluruhnya dilaksanakan. Anak-anak rentan terhadap kerusakan gigi, berdasarkan hasil survey di SD Negeri 10 Petarukan, didapatkan bahwa 13 siswa mengatakan bahwa suka mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti perman, coklat, es krim dan mereka juga mengatakan bahwa jarang menggosok gigi. Tujuan Penelitian: Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara perilaku menggosok gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik sampling yang peneliti gunakan dalam menentukan respondennya adalah teknik total sampling, metode sampling yang pada pengambilan datanya sama dengan populasi dengan jumlah responden 110. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Tekhnik analisa data menggunakan uji spearman rank. Hasil: Menunjukkan adanya hubungan antara perilaku menggosok gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa sekolah dasar dengan ( p value 0,005 ) Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ada hubungan yang signifikan antara perilaku menggosok gigi dengan kejadian karies gigi pada anak. Kata Kunci: Menggosok gigi, Karies gigi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:30
Last Modified: 01 Aug 2023 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30123

Actions (login required)

View Item View Item