HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG SEDANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Festalia, Sheila (2022) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG SEDANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900206_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900206_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Latar Belakang : Kemoterapi merupakan terapi pengobatan pada kanker dengan menggunakan zat kimia atau obat obatan yang memiliki tujuan untuk membunuh sel-sel kanker, salah satunya adalah pada kanker serviks. Kemoterapi berdampak terhadap fisik maupun psikologis sehingga berpengaruh pada kecemasan penderitanya. Diperlukan adanya kesejahteraan spiritual yang tinggi untuk mengatasi kecemasan yang tinggi. Tujuan : Mengetahui hubungan kesejahteraan spititual terhadap kecemasan pasien kanker serviks yang sedang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 11o responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji rank spearman. Hasil : Hasil penelitian menggunakan analisis spearman, terbukti bahwa p value = 0.00 (p<0.05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara kesejahteran spiritual dengan kecemasan pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi dengan nilai korelasi 0,431 yang menunjukkan kekuatan korelasi kuat. Tanda positif tersebut menunjukkan bahwa arah korelasi sama, yang artinya semakin tinggi kesejahteraan spiritual maka semakin menurun kecemasannya dan sebaliknya semakin rendah kesejahteran spiritual maka semakin tinggi kecemasannya. Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan kebanyakan responden memiliki kesejahteraan spiritual tinggi dan kecemasan dalam kategori rendah . Hasil analisis menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kesejahteraan spiritual terhadap kecemasan pasien kanker serviks. Kata kunci : kesejahteraan spiritual, kecemasan, kanker serviks, kemoterapi Daftar Pustaka : 44 (2011-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:22
Last Modified: 31 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item