PERAN PENGETAHUAN MANFAAT ASURANSI, RELIGIUSITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP MINAT BERASURANSI SYARIAH DENGAN KESADARAN BERASURANSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Perdana, Muh Reza Aji (2023) PERAN PENGETAHUAN MANFAAT ASURANSI, RELIGIUSITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP MINAT BERASURANSI SYARIAH DENGAN KESADARAN BERASURANSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20402100021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402100021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Berdasarkan kontroversi studi (research gap) terkait peran Religiusitas terhadap minat beli dan Pengetahuan terhadap minat beli, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Religiusitas dan Pengetahuan tentang Manfaat Asuransi Terhadap Minat Berasuransi Syariah dengan Kesadaran Berasuransi Sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah merupakan tipe penelitian eksplanatory research untuk menguji pengaruh religiusitas intrinsik; religiusitas ektrinsik; pengetahuan manfaat; minat berasuransi syariah dengan kesadaran berasuransi dan minat berasuransi syariah. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah Snowball Sampling. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Semarang. Pengambilan data yang diperoleh melalui kuesioner dilakukan dengan menggunakan pengukuran interval dengan ketentuan skor likert 1 s/d 5. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil pembuktian hypothesis menunjukkan bahwa : Religious Intrinsik, Religious Ekstrinsik dan pengetahuan manfaat asuransi berpengaruh positif signifikan terhadap Kesadaran berasuransi syariah. Kesadaran berasuransi syariah berpengaruh signifikan terhadap Minat berasuransi syariah. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah Kesadaran berasuransi syariah sangat dipengaruhi oleh Pengetahuan manfaat asuransi dan tingkat religiousitas seseorang baik secara Intrinsik maupun ekstrinsik. Kesadaran berasuransi syariah memiliki peran yang penting dalam minat berasuransi syariah. Kata kunci : religiusitas intrinsik; religiusitas ektrinsik; pengetahuan manfaat asuransi; kesadaran berasuransi dan minat berasuransi syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:55
Last Modified: 31 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item