HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Intani, Safaatul (2023) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900200_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900200_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien di Intesive Care Unit (ICU) yaitu pasien yang memerlukan intervensi medis segera, pemantauan terus-menerus, hal ini dilakukan agar pasien dapat terhendar dari penurunan fisiologis dan pemberian terapi dengan tepat. Pada kondisi tersebut perilaku caring perawat sangat dibutuhkan oleh keluarga pasien, karena keluarga orang paling dekat dengan pasien, dan juga keluarga merupakan perawat utama bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang intensive care unite (ICU). Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria inklusi (keluarga pasien yang berada diruang tunggu ICU, keluarga pasien yang bersedia menjadi responden, keuarga pasien yang merupakan keluarga inti atau penanggunga jawab) dan eksklusi (keluarga pasien yang tidak bersedia menjadi responden dan keluarga pasien saat keadaan berduak) jumlah responden sebanyak 83 respoden, dan data penelitian dinilai menggunakan uji gamma. Hasil: Mayoritas responden memiliki perilaku caring cukup sebanyak 72 (86,7%) responden, dan tingkat kecemasan keluarga pasien dengan kecemasan berat 70 (84,3%) responden. Simpulan dan saran: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU dengan p value = 0,004. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai data dan informasi dasar dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Kata kunci: Perilaku caring perawat, tingkat kecemasan keluarga pasien Daftar Pustaka: 34 ( 2011-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:59
Last Modified: 01 Aug 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30110

Actions (login required)

View Item View Item