HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA PUTRI DI KELURAHAN GUNUNGPATI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG

Mallaida, Rayi (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA PUTRI DI KELURAHAN GUNUNGPATI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900178_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900178_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan masa transisi dari masa anak anak menuju masa dewasa. Secara usia, remaja memiliki tugas perkembangan salah satunya adalah belajar dan bersosialisasi. Pernikahan dini yang terjadi dapat menimbulkan berbagai masalah kesahatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi remaja melakukan pernikahan dini adalah dari dukungan keluarga. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan design crossectional. Jumlah sampel sebanyak 100 remaja yang diambil dengan metode total sampling. Pada penelitian ini instrumen untuk mengukur perilaku remaja yang menikah dini menggunakan kuesioner, data dianalisis menggunakan uji statistik koefisien kontingensi lambda. Hasil: Karasteristik responden berdasarkan kelompok umur terbanyak berada diumur 16 tahun, berjenis kelamin perempuan, lebih dari sebagian sampel pendidikan terakhir SMA, dengan penghasilan keluarga terbanyak dibawah UMR, sdangkan menurut variabel penelitian terbanyak memiliki perilaku keinginan menikah dini. Dukungan keluarga pada remaja yang menikah dini di Kelurahan Gunungpati, sebagian besar mendapatkan dukungan keluarga yang baik. Remaja di Kelurahan Gunungpati sebagian berkeinginan menikah dini, dengan kemungkinan terdapat faktor lain seperti terjadinya hamil diluar nikah. Kesimpulan: Setelah dianalisis menggunakan uji lambda didapatkan hasil ada hubungan antara dukungan keluarga dengan perilaku pernikahan dini pada remaja putri di Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Kata Kunci: Dukungan, Menikah dini Daftar Pustaka: 33 (2017-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:24
Last Modified: 31 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item