IMPLIKASI YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM ATAS PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH (Studi Kasus Putusan Nomor 532/Pdt.G/2021/PN.Smg)

Alifati, Izta Aulia (2023) IMPLIKASI YURIDIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM ATAS PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH (Studi Kasus Putusan Nomor 532/Pdt.G/2021/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
30301900175_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam masyarakat Indonesia jual beli merupakan suatu kegiatan sehari-hari yang dilakukan untuk memperoleh barang dan jasa dengan memberikan sejumlah uang yang telah disepakati bersama antara penjual dan pembeli. Di dalam kegiatan jual beli biasanya masih ada beberapa kasus yang dapat merugikan salah satu pihak atau berbagai pihak, salah satunya yaitu kasus perbuatan melawan hukum. Perbuatan melawan hukum adalah suatu perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang yang menimbulkan kerugian bagi orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara serta mengetahui implikasi yuridis dalam kasus Perbuatan Melawan Hukum atas Perjanjian Jual Beli Rumah (Studi Kasus Putusan Nomor 532/Pdt.G/2021/PN.Smg). Metode pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan yuridis normatif yang artinya pendekatan yang dilakukan bahan hukum sekunder dengan cara mengulas teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Dengan menggunakan pendekatan penelitian tersebut maka menggunakan data primer maupun data sekunder. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut majelis hakim telah memutus perkara sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang sudah dibuktikan oleh pihak yang bersangkutan. Majelis hakim mengabulkan putusan dengan dasar alat bukti. Dalam hal itu alat bukti diatur dalam Pasal 164 HIR yang terdiri dari alat bukti tertulis (surat), alat bukti saksi, persangkaan, pengakuan dan sumpah. Implikasi yuridis dalam perkara tersebut yaitu pihak yang berperkara harus melaksanakan isi putusan pada nomor 532/Pdt.G/2021/PN.Smg. Isi putusan tersebut yaitu pihak tergugat dinyatakan telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum dan kemudian harus membayar biaya dalam perkara tersebut sebesar Rp.2.554.000,00, serta menghukum turut tergugat untuk tunduk terhadap putusan yang berisi untuk memberi ijin dan memberi kuasa seperlunya kepada Penggugat untuk pengambilan Sertifikat Hak Guna Bangunan Nomor: 1666/Sendangmulyo atas nama Tergugat (Toegimanto AD). Kata kunci: Jual Beli, Perbuatan Melawan Hukum, Putusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:57
Last Modified: 31 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item