HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN STATUS GIZI PADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU 2 DESA KARANG ROWO

Ainingsih, Nurul (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN STATUS GIZI PADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU 2 DESA KARANG ROWO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900162_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900162_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Latar Belakang : Status gizi merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan kualitas sumber daya manusia. Balita merupakan kelompok rawan gizi. Diusia ini pertumbuhan otak masih berlangsung cepat. Kurangnya pengetahuan tentang gizi akan mengakibatkan berkurangnya kemampuan menerapkan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Jika status sosial ekonomi rendah maka kebutuhan makanan keluarga akan kurang terpenuhi sehingga anak akan memiliki status gizi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dan status sosial ekonomi dengan status gizi pada balita usia 1-5 tahun di Posyandu 2 Desa Karang rowo. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak70 ibu dengan balita di Posyandu 2 Desa Karang Rowo. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji Spearman. Hasil : Hasil penelitian didapatkan pada variabel tingkat pengetahuan ibu nilai p value 0,000 dan r korelasi sebesar 0,517 yang menunjukkan kekuatan korelasi sedang dan arah positif bermakna semakin baik tingkat pengetahuan ibu semakin baik juga status gizi balita dan pada status sosial ekonomi p value>0,008 korelasi sebesar 0,317 yang menunjukkan kekuatan korelasi lemah dan arah positif bermakna semakin baik status sosial ekonomi semakin baik juga status gizi balita. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu dan status sosial ekonomi dengan status soial ekonomi di Posyandu 2 Desa Karang Rowo. Kata kunci : tingkat pengetahuan ibu, status sosial ekonomi, status gizi balita. Daftar Pustaka : 49 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:00
Last Modified: 28 Jul 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30053

Actions (login required)

View Item View Item