HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN DI SEMARANG

Laila Mawadah, Nur (2023) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900161_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900161_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)

Abstract

Latar Belakang: Hasil belajar yang dipengaruhi karakteristik peserta didik yaitu gaya belajar dan keterampilan belajar. Gaya belajar dibagi menjadi tiga macam, diantaranya gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Gaya belajar visual berpusat pada indera penglihatan, gaya belajar auditorial berpusat pada indera pendengaran, dan gaya belajar kinestetik dengan menyentuh sesuatu. Salah satu faktor yang mempengaruhi gaya belajar adalah tipe kepribadian. Menurut Kolb yang menyatakan bahwasannya salah satu aspek yang mempengaruhi gaya belajar yakni tipe kepribadian. Tipe kepribadian menurut Eysenck dibagi menjadi dua macam, yaitu tipe kepribadian introvert dan tipe kepribadian ekstrovert. Tipe kepribadian introvert cenderung tertutup, sedangkan tipe kepribadian ekstrovert cenderung terbuka. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan tipe kepribadian dengan gaya belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan salah satu perguruan tinggi di Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Dengan jumlah responden 134 orang menggunakan teknik simple random sampling. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan uji koefisien kontingensi. Hasil: Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh dari 134 responden penelitian, sebagian besar memiliki tipe kepribadian introvert sebanyak 119 responden (88.8%), sedangkan tipe kepribadian ekstrovert sebanyak 15 responden (11.2%). Gaya belajar mahasiswa didominasi oleh gaya belajar visual 66 responden (49.3%), kemudian dengan kategori gaya belajar kinestetik 46 responden (34.3%), selanjutnya dengan kategori gaya belajar auditorial 22 responden (16.4%). Simpulan: Ada hubungan antara tipe kepribadian dengan gaya belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan di Semarang (p = 0,000 < 0,05). Kata kunci: Tipe kepribadian, Gaya belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:42
Last Modified: 31 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item