MUSAWAH QUALITY INFORMATION PARTNERSHIP : ASYMMETRIC INFORMATION REDUCTION PADA PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DI BPR SYARIAH

S u k a m t o, S u k a m t o (2023) MUSAWAH QUALITY INFORMATION PARTNERSHIP : ASYMMETRIC INFORMATION REDUCTION PADA PEMBIAYAAN PROFIT AND LOSS SHARING DI BPR SYARIAH. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900017_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)

Abstract

Asyemtry informasi masih menjadi hal yang sangat dikahwatirkan pada pembiayaan profit and loss sharing (PLS) di perbankan Islam, termasuk pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia. Asimetri informasi ini dikarenakan bank syariah kesulitan dalam mengakses informasi mengenai kulitas proyek, sementara mudharib memiliki informasi sepenuhnya tentang kemungkinan keberhasilan proyek yang dijalankan. Asimetri informasi dapat mengakibatkan adannya advers selection atau seleksi yang merugikan ketika mitra tidak memberikan informasi secara benar sehingga bank menyetujui pembiayaan, dan moral hazard dimana nasabah membuat keputusan bisnis yang merugikan bank. . Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengembangkan konsep baru yaitu Musawah quality information partnership sebagai rekonstruksi konsep kemitraan dan mereduksi asimetri informasi. Kedua, menguji keterkaitan musawah quality information partnership (MQIP), financing risk dengan financial performance pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Ketiga, menyusun model pengembangan produk pembiayaan yang berbasis profit and loss sharing dengan konsep musawah quality information partnership sehingga bisa meningkatkan financial performance yang baik dan berkelanjutan pada Bank Pembiayaan Syariah di Indonesia Jenis penelitian ini adalah “ Explanatory research” merupakan penelitian yang bersifat menjelaskan, dimana penelitian ini menekankan hubungan antar variable penelitian (kausalitas) dengan menguji hipotesis yang urainya mengandung deskripsi tetapi fokusnya terletak pada hubungan antar varabel. Populasi penelitian ini adalah para pimpinan Bank Pembiayaan Rakyat (BPRS) Syariah Indonesia. Sampel penelitian dikumpulkan dengan teknik purposive sampling, yaitu pada BPRS yang telah beroperasi minimal tiga tahun. Sampel terkumpul dan terverifikasi sebanyak 120. Data dianalisis dengan SEM menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini pertama, menemukan konsep kemitraan baru yaitu Musawah Quality information partnership (MQIP). Konsep ini dimaknai merupakan hubungan kemitraan yang setara atas dasar nilai nilai Tauhid, adanya kemudahan akses informasi dan berbagi informasi terpercaya, sesuai kenyataan, saling menguntungkan, untuk mencapai manfaat bersama, musawah quality information partnership akan meningkatkan kinerja keuangan. Kedua, ditemukan model bahwa MQIP mampu menurunkan resiko pembiayaan pada akad profit and loss sharing serta meningkatkan kualitas keuangan pada BPR Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:20
Last Modified: 31 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30037

Actions (login required)

View Item View Item