TAWHIDIC LEADERSHIP BERBASIS ADAPTABILITAS UNTUK MEWUJUDKAN NEED FOR ACHIEVEMENT DAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI SYARIAH DI JAWA TIMUR

Hartono, Sri (2022) TAWHIDIC LEADERSHIP BERBASIS ADAPTABILITAS UNTUK MEWUJUDKAN NEED FOR ACHIEVEMENT DAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI SYARIAH DI JAWA TIMUR. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800012_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401800012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

Perubahan lanskap ekonomi politik dan relasi organisasi sebagai konsekuensi Revolusi Industri 4.0 mendorong transformasi organisasi dalam berbagai lini mendorong BPR untuk mampu beradaptasi dengan tantangan perubahan yang terjadi. Dalam lingkungan yang terus menerus berubah dan dengan dorongan dalam inovasi, organisasi harus mamlpu bergerak cepat mengatasi hambatan eksekusi untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Realitas yang terjadi ternyata konsep yang ada dalam ajaran Islam tidak serta merta menjadikan individu muslim yang ada disetiap organisasi menjadi pemimpin yang berkualitas. Pada konteks inilah diperlukan adanya pembiasaan (habitual action) praktek spiritual leadership yang memungkinkan terjadi simbiosis antara spiritualitas dengan leadership yang melekat pada setiap individu muslim. Tawhidic Leadership digambarkan sebagai nilai, sikap, dan perilaku serta keyakinan yang diperoleh dari kualitas keilmuan pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan hukum dan ketentuan syariah. Tawhidic Leadership diindikasikan dengan gigih menjalankan keterampilan berinovasi untuk beramar makruf nahi munkar; selalu berkreativitas dalam menjalankan organisasi dengan mengimplementasikan nilai nilai tauhid; berorientasikan pada akhirat sebagai tujuan hidupnya dengan bermodalkan kedalaman ilmu pengetahuan; berikhtiar terbaik untuk belajar terus menerus dalam pencapaian hasil tertinggi atas ridho Allah rasa ingin mencoba dengan penuh ketahanan dan kesabaran berdasar hukum ketetapan Allah . Jenis penelitian ini adalah “Explanatory Reserach” yang menekankan pada hubungan antar variabel penelitian (kausalitas) yang mencakup : proactive behaviour dan reactive behaviour, Tawhidic Leadership , need for achievement dan kinerja SDM Baitul Maal wa Tamwil di Jawa Timur. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sejumlah 213. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan Skala Likert dengan skala 1 s/d 10. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan The Structural Equation Modelling (SEM) dari paket Software AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proactive behaviour semakin baik, maka Tawhidic Leadership semakin baik sementara reactive behaviour akan menurunkan Tawhidic Leadership . Tawhidic Leadership terbukti mampu meningkatkan need of achievments dan kinerja SDM, namun Need of achievments tidak terbukti mendorong peningkatan kinerja. Kata Kunci : Proactive behaviour; Reactive behaviour; Tawhidic Leadership ; need of achievments; kinerja SDM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:43
Last Modified: 28 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30033

Actions (login required)

View Item View Item