PENCAPAIAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PELANGGAN DAN TANGGUNG JAWAB RELIGIOUS KEPADA KONSUMEN

Wibowo, Bagus Yunianto (2023) PENCAPAIAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PELANGGAN DAN TANGGUNG JAWAB RELIGIOUS KEPADA KONSUMEN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401700004_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401700004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model pengembangan Customer Religious Responsibility (CRR) untuk dapat mewujudkan kinerja pemasaran perusahaan dan sebagai mediasi hubungan proaktif, inovasi, dan orientasi pelanggan pada Klinik Kecantikan di Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah Pimpinan Klinik Kecantikan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 2021-2022. Sampel menggunakan batas minimum 95 dan maksimal 190, data yang kembali berjumlah 140 sampel dan diolah dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini bahwa a) adanya pengaruh Proaktif terhadap CRR dan Orientasi Pelanggan secara signifikan, b) adanya pengaruh Inovasi terhadap CRR dan Orientasi Pelanggan secara signifikan, c) adanya pengaruh Orientasi Pelanggan terhadap CRR dan Kinerja Pemasaran Perusahaan, dan d) adanya pengaruh CRR terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan secara signifikan. Hasil penelitian ini nenunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja pemasaran klinik kecantikan dapat dilakukan dengan peningkatan inovasi, orientasi pelanggan, customer religious responsibility. Skala prioritas yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan pertama dengan meningkatkan orientasi pelanggan; kedua dengan meningkatkan customer religious responsibility; ketiga dengan mengembangkan inovasi khususnya dibidang pelayanan. Penelitian ini menemukan bahwa customer religious responsibility belum menjadi penentu utama peningkatan kinerja pemasaran perusahaan, maka diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan indikator yang lebih lengkap dan valid. Keyword: Proaktif, Inovasi, Orientasi Pelanggan, CRR, Kinerja

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:02
Last Modified: 28 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item