PERBANDINGAN PERILAKU PENCEGAHAN LUKA KAKI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG

Sulistya Muvarizka, Ninda (2023) PERBANDINGAN PERILAKU PENCEGAHAN LUKA KAKI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TLOGOSARI KULON DAN PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900151_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900151_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus (DM) ialah salah satu penyakit tidak menular yang dialami oleh masyarakat luas, penyebab penyakit tidak menular sebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat. dengan adanya perilaku pencegahan luka kaki diabetik dengan cara merawat kaki dengan baik dapat mencegah terjadinya luka kaki pada pasien diabetes. Metode: : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel di Puskesmas Tlogosari kulon sebanyak 50 orang dan Puskesmas Bangetayu Kota Semarang sebanyak 50 orang. dengan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh di uji dengan menggunakan Uji chi square. Hasil: Berdasarkan hasil diketahui bahwa rata-rata usia pasien diabetes melitus di Puskesmas Tlogosari Kulon dan Puskesmas Bangetayu Kota Semarang adalah 50,98 tahun. Umur termuda adalah 31 tahun dan tertua adalah 69 tahun. responden yang menderita DM antara 3 sampai 87 bulan. Sebagian besar responden dalam penelitian ini telah menderita DM antara 3 bulan sampai 87 bulan. Puskemas Tlogosari Kulon Kota Semarang patuh pada perilaku pencegahan luka kaki diabetik dengan jumlah 94%. Sebagian besar responden Puskemas Bangetayu Kota Semarang patuh pada perilaku pencegahan luka kaki diabetik dengan jumlah 96%. Simpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan pasien diabetes melitus pada perilaku pencegahan luka kaki di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang lebih tinggi dibandingkan dengan kepatuhan pasien diabetes melitus di Puskesmas Tlogosari Kulon. Hal ini dikarenakan pasien diabetes melitus di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang lebih memiliki kesadaran dalam perilaku. Kata Kunci : DM, Sikap, Perawatan Kaki Daftar Pustaka : 52 (2013-2022).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:15
Last Modified: 26 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30011

Actions (login required)

View Item View Item