PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN METODE STORY TELLING TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR

SA’IDAH, NIA’AMALIYAH (2023) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN METODE STORY TELLING TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900146_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900146_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Latar Belakang : Dari tahun ke tahun aspek gizi seimbang ditinjau sangat baik untuk proses tumbuh kembang anak dan penting untuk meningkatkan kemampuan belajar yang baik, serta memberikan dampak positif untuk perkembangan anak di masa depan. salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi seseorang adalah pengetahuan individu tersebut tentang gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan metode story telling terhadap pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Metode : penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 47 responden dengan teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik. Uji statistik yang digunakan yaitu uji wilcoxon. Hasil : berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 47 responden penelitian, didapatkan hasil bahwa responden terbanyak berusia 10 tahun. Hasil nilai dari uji wilcoxon adalah p-value (0,000) dengan nilai negative ranks 0, positive ranks 28, dan ties 19. Simpulan : ada pengaruh pendidikan gizi dengan metode story telling terhadap pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Kata Kunci : story telling, gizi seimbang, anak sekolah dasar Daftar Pustaka : 23 (2018-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:54
Last Modified: 26 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30003

Actions (login required)

View Item View Item