HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EAR PLUG DENGAN PERILAKU PEMAKAIAN EAR PLUG Studi Observasional Analitik Pada Pekerja Bagian Penggilingan di Pabrik Gula Rendeng Kudus

Agusta, Riad Prian (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG EAR PLUG DENGAN PERILAKU PEMAKAIAN EAR PLUG Studi Observasional Analitik Pada Pekerja Bagian Penggilingan di Pabrik Gula Rendeng Kudus. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Riad Prian Agusta 01.207.5414_Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Riad Prian Agusta 01.207.5414_Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Riad Prian Agusta 01.207.5414_Intisari.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan karyawan tentang earplug akan berpengaruh terhadap perilaku pemakaian earplug secara baik dan benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang earplug dengan perilaku pemakaian earplug pada tenaga kerja Pabrik Gula Rendeng Kudus bagian penggilingan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observational analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan tentang earplug dan perilaku pemakaian earplug. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji statistic chi square dengan menggunakan SPSS. Responden memiliki pengetahuan baik tentang earplug dan perilaku baik memakai earplug sebanyak 15 (51.7%), responden memiliki pengetahuan baik tentang earplug dan perilaku buruk pemakaian earplug sebanyak 14 (48,3%), responden memiliki pengetahuan kurang tentang earplug dan perilaku buruk memakai earplug sebanyak 18 (85,7%), responden memiliki pengetahuan kurang tentang earplug dan perilaku baik memakai earplug sebanyak 3 (14,3%). Dari hasil analisis dengan uji chi square pada taraf signifikansi didapatkan p-value 0,006 < 0,1, sehingga ada hubungan yang signifikansi antara pengetahuan tentang earplugdengan perilaku pemakaian earplug pada tenaga kerja Pabrik Gula Rendeng Kudus bagian penggilingan. Ada hubungan antara pengetahuan tentang earplug dengan perilaku pemakaian earplug pada tenaga kerja Pabrik Gula Rendeng Kudus bagian penggilingan sebesar P-value 0.006. Kata kunci :pengetahuan, perilaku, earplug.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:37
Last Modified: 03 Aug 2015 04:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item