HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN UPAYA PENANGANAN KEJANG DEMAM PADA ANAK BALITA DI KELURAHAN BANGETAYU KULON KOTA SEMARANG

UMAYAH, NAFIISATUL (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN UPAYA PENANGANAN KEJANG DEMAM PADA ANAK BALITA DI KELURAHAN BANGETAYU KULON KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900140_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900140_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Latar Belakang : Kejang demam banyak dijumpai pada anak balita berusia 6-54 bulan, dimana suhu tubuh meningkat secara tiba-tiba melebihi 38℃ dan menjadi faktor pemicu kejang. Tindakan awal penatalaksanaan kejang demam sangat tergantung pada peran orang tua terutama ibu. Pengetahuan dan kesadaran ibu mengenai kejang demam sangat penting untuk mencegah terjadinya kejang demam pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu dengan upaya penanganan kejang demam pada anak usia balita. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 62 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji Somers. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 62 responden penelitian, rata-rata usia responden adalah 30,92 tahun. Dengan karakteristik tingkat pendidikan sebagian besar berpendidikan menengah atas yaitu 56,5%. Hasil penelitian juga menunjukkan 46,8% responden berpengetahuan baik, 59,7% memiliki sikap cukup, dan 59,7% memiliki upaya penanganan baik. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan upaya penanganan kejang demam pada anak balita (p value < 0,05). Terdapat hubungan yang bermakna antara sikap ibu dengan upaya penanganan kejang demam pada anak balita (p value < 0,05). Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu, Upaya Penanganan, Kejang Demam. Daftar Pustaka : 47 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:16
Last Modified: 26 Jul 2023 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29996

Actions (login required)

View Item View Item