GAMBARAN PELAKSANAAN PEMANTAUAN JENTIK DAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI KELURAHAN SENDANG MULYO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

ZAHRO SAPUTRI, NADIATUL (2023) GAMBARAN PELAKSANAAN PEMANTAUAN JENTIK DAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI KELURAHAN SENDANG MULYO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900135_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900135_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang endemik di Indonesia, dan penyebarannya sangat cepat di kota Semarang. Pengendalian penyakit demam berdarah dilakukan dengan cara memutuskan rantai penularan melalui pelaksanaan pemantaun jentik dan pemberantasan sarang nyamuk angka kejadian penyakit demam berdarah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pemantauan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survey. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diteliti dengan teknik consecutive sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur pelaksanaan pemantauan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk menggunakan kuesioner. Hasil penelitian di analisis secara distribusi frekuensi. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden berusia 17-25 atau masa remaja akhir 71 orang (71%), sebagian besar tingkat pendidikan akhir SMA 62 orang (62%), sebagian besar bekerja sebagai pegawai swasta 39 orang (39%), sudah mendapatkan penyuluhan PSN sebanyak 52 orang (52%), sebagian besar sudah melaksanakan pemantauan jentik sudah baik yaitu 66 orang (66%), dan sebagian sudah melaksanakan pemberatasan sarang nyamuk sudah baik 57 orang (57%) Simpulan: pelaksanaan pemantauan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk di Kelurahan Sendang Mulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang sudah dilakasankan dengan baik Kata kunci: DBD, Pelaksanaan pemantauan jentik, PSN Daftar Pustaka: 23 (2007-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:33
Last Modified: 26 Jul 2023 07:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item