HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN TEMAN DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI KELURAHAN KEDUNGSARIMULYO KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

AMAR ZAKARIA, MOHAMMAD (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN TEMAN DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI KELURAHAN KEDUNGSARIMULYO KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900121_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Latar Belakang: Akibat proses degeneratif akan menyebabkan masalah kesehatan pada lanjut usia, salah satunya masalah fungsi kognitif. Penurunan fungsi kognitif pada lansia akan ditandai dengan melambatnya lansia memproses informasi dan menurunnya daya ingat. Keluarga dan teman merupakan orang terdekat yang bisa diandalkan untuk memberikan dukungan. Dukungan yang diberikan keluarga dan teman akan mampu meningkatkan fungsi kognitif lansia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan dukungan sosial keluarga dan teman dengan fungsi kognitif pada lanjut usia. Metode: Desain penelitian ini menggunakan crossectional. Sampel penelitian ini sebanyak 105 lansia yang ada di kelurahan kedungsarimulyo kecamatan welahan kabupaten jepara. Instrumen untuk mengukur dukungan sosial keluarga dan teman dengan fungsi kognitif menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan Spearman rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki karateristik umur 60-74 tahun sebanyak 68 responden dengan persentase (64,8 %), dengan karateristik jenis kelamin perempuan 53 responden dengan persentase (50,5%) dan laki-laki sebanyak 52 responden dengan persentase (49,5%). Sebagian besar responden mendapatkan dukungan sosial keluarga dalam kategori baik sebanyak 53 responden dengan persentase (50,5%) sebagian besar responden mendapatkan dukungan sosial teman dalam kategori cukup sebanyak 48 responden dengan persentase (45,7%). Hasil analisis Spearman rank di peroleh nilai p-value (0,000). Simpulan: Ada hubungan antara dukungan sosial keluarga dan teman dengan fungsi kognitif pada lansia. Kata Kunci: Dukungan sosial keluarga dan teman, Fungsi kognitif lansia Daftar Pustaka: 29 (1993-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:12
Last Modified: 28 Jul 2023 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item