HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN PASIEN KANKER SERVIKS DALAM MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR KARIADI SEMARANG

Lutfiana, Melli (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN PASIEN KANKER SERVIKS DALAM MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900119_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepatuhan kemoterapi merupakan kepatuhan yang dijalani pada pasien kanker serviks begitu dibutuhkan agar mendapatkan keberhasilan program terapi yang diberikan kepada pasien kanker serviks dalam menjalankan peraturan yang ada dalam kesehatan professional. Pasien kemoterapi perlu mendapat dukungan keluarga, dukungan dari keluarga tersebut dapat membangun penilaian positif tentang dirinya dalam menjalani tahapan pengobatan kemoterapi, sehingga dapat menjalankan kemoterapi dengan patuh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan pasien kanker serviks dalam menjalani kemoterapi. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik korelasi, pendekatan yang digunakan adalah cross-sectional. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Jumlah responden sebanyak 110 orang dengan teknik pengambilam sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan spearman rank. Hasil: Dari 110 responden didapatkan hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga baik sebanyak 98,2%, dengan kepatuhan kemoterapi sebanyak 99,1%. Uji analisa bivariat menggunakan uji spearman rank di dapatkan nilai p value 0,000 atau (p<0,05) dengan keeratan hubungan kuat (r= 0,704). Simpulan: Adanya hubungan antara dukungan keluarga terhadap kepatuhan pasien kanker serviks dalam menjalani kemoterapi di RSUP dr. Kariadi Semarang dengan nilan p value 0,000 Kata kunci : Dukungan Keluarga, Kepatuhan Kemoterapi, Kanker Serviks Daftar Pustaka : 63 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:53
Last Modified: 28 Jul 2023 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item