PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA

YASIN, MAULINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900114_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900114_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Latar Belakang: Menurut survei terhadap kelompok usia sekolah menengah pertama (SMP) 12-15 tahun sebesar 4% pada tahun 2016 dan pada tahun 2018 menunjukan bahwa prevelensi penyalahgunaan napza di Indonesia pada sektor pelajar SMP sebesar 4,8%. Penyalahgunaan dan peredaran napza dikalangan remaja di Indonesia menunjukan bahwa 30% pelajar masih belum memiliki pengetahuan yang baik tentang napza. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa SMP lebih banyak menjadi korban penyalahgunaan napza. Salah satu efek narkoba adalah mempengaruhi fungsi otak, yang dapat menyebabkan lemahnya daya ingat, kurang konsentrasi, delusi, dan kemampuan belajar yang buruk. Pendidikan kesehatan remaja sudah menjadi peran penting untuk perawat pada semua aspek pelayanan, baik di klinik dan masyarakat. Model pembelajaran kooperatif memungkinkan siswa memperluas pengetahuannya dengan mengajarkan sesuatu dengan bersamaan, saling membantu sebagai satu kelompok. Salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran talking stick dapat mendorong siswa mengungkapkan pendapatnya dengan lebih percaya diri yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan pengetahuan remaja dalam pencegahan penyalahgunaan napza. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif penelitian praeksperimental dengan one group pretest-posttest design rancangan dilakukan terhadap satu kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 44 siswa dengan Teknik total sampling. Data yang diperoleh secara statistik dengan menggunakan uji paired t-test. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 44 responden penelitian, dengan karakteristik remaja usia 12-14 tahun, karakteristik jenis kelamin laki-laki 32 siswa (72,7%) dan perempuan 12 siswa (27,3%). Simpulan: Ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan pengetahuan remaja dalam pencegahan penyalahgunaan napza (p value < 0,05) Kata kunci: Pembelajaran talking stick, pengetahuan, remaja, napza Daftar Pustaka: 22 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:02
Last Modified: 27 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29977

Actions (login required)

View Item View Item