PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Sholekha, Maratus (2023) PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900110_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900110_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)

Abstract

Latar Belakang : Ruang instalasi gawat darurat menjadi tempat utama untuk menangani kasus kegawatdaruratan di rumah sakit. Pasien yang masuk ke ruang IGD dapat mengalami cemas karena faktor penyakit yang dideritanya atau karena faktor eksternal. Pasien di ruang instalasi gawat darurat yang mengalami cemas dapat memperburuk kondisi fisik dan mentalnya. Terapi relaksasi Benson adalah terapi nonfarmakologi yang dapat memberikan efek menenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terapi relaksasi Benson terhadap tingkat kecemasan pada pasien di ruang Instalasi Gawat Darurat RSI Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantiatif dengan desain penelitian quasy eksperimental dan metode one-group pre-test post-test design. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 34 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan aksidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Marginal Homogeneity. Hasil : Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat penurunan tingkat kecemasan pada 34 responden di ruang IGD RSI Sultan Agung Semarang setelah diberikan terapi relaksasi Benson. Sebanyak 97,1 % sudah tidak mengalami cemas dan 2,9 % berada pada tingkatan cemas ringan. Simpulan : Terdapat pengaruh terapi relaksasi benson terhadap tingkat kecemasan pada pasien di ruang IGD RSI Sultan Agung Semarang dengan p value 0.000 (<0.05). Kata Kunci : IGD, Cemas, Terapi Relaksasi Benson Daftar Pustaka : 73 (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:51
Last Modified: 31 Jul 2023 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29974

Actions (login required)

View Item View Item