HUBUNGAN PERNIKAHAN DINI TERHADAP PENGETAHUAN MANAJEMEN LAKTASI PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH PUSKESMAS KELURAHAN MLUWEH UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Fitasari, Maelina (2022) HUBUNGAN PERNIKAHAN DINI TERHADAP PENGETAHUAN MANAJEMEN LAKTASI PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH PUSKESMAS KELURAHAN MLUWEH UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900108_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Latar Belakang : Pernikahan dini adalah suatu bentuk pernikahan yang dilakukan pada anak usia di bawah usia pernikahan pada umumnya. Pada umumnya pernikahan dilakukan diantara 25 tahun untuk seorang lelaki dan 21 tahun untuk perempuan. Pernikahan dini memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan wanita yang menikah di usia muda, seperti terjadinya kanker serviks, perdarahan saat persalinan, keguguran, hingga kematian. Selain itu dampak lainnya yang bisa terjadi adalah kegagalan ibu dalam memberikan manajemen laktasi pada bayinya selama menyusui. Hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain faktor pendidikan ibu, wawasan yang kurang mengenai pemberian manajemen laktasi yang baik dan benar.perkembangan bahasa merupakan salah satu petunjuk tahap perkembangan anak yang harus mendapat perhatian dari orang tua. Metode : Penelitianini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 106. Tehnik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 106 responden, Sebagian besar memiliki karakteristik usia 16-25 tahun (56.6%), pendidikan orang tua SMPSMA (84.0%),tidak bekerja (58.5%), pernikahan usia terlalu muda (45.3%), pengetahuan manajemen laktasi rendah (86.8%). Hasil penelitian juga menunjukan bahwa responden yang usianya terlalu muda memiliki pengetahuan tentang manajemen laktasi rendah sebanyak 38 responden dan pengetahuan tinggi 10 responden,sedangkan responden yang usianya produktif memiliki pengetahuan manajemen laktasi tinggi sebanyak 54 responden dan pengetahuan rendah sebanyak 4 responden. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan P value 0,035 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pernikahan dini dan pengetahuan manajemen laktasi pada ibu menyusui dim wilayah kerja puskesmas Mluweh Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Arah korelasi positif menunjukkan bahwa semakin produktifnya usia menikah maka semakin tinggi pula pengetahuan manajemen laktasi. Kata Kunci : umur, Pendidikan, pekerjaan, pernikahan dini, pengetahuan manajemen laktasi, hubungan pernikahan dini dan manajemen laktasi. Daftar Pustaka : 49 (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:44
Last Modified: 28 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29972

Actions (login required)

View Item View Item