HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SPIRITUALITAS DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Jannah, Lukluatul (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SPIRITUALITAS DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900101_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900101_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Latar Belakang : Spiritualitas merupakan suatu hal yang berkaitan dengan membuat makna hidup melalui hubungan seseorang dengan diri sendiri, orang lain, lingkungan dan Tuhan dalam mengatasi berbagai masalah kehidupan. Tekanan darah merupakan kekuatan yang diperlukan supaya darah dapat mengalir di dalam pembuluh darah dan beredar mencapai semua jaringan tubuh manusia Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat spiritualitas dengan tekanan darah pada pasien hipertensi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien hipertensi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 109 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji somers’D. Hasil : Nilai r= -0.325 dengan p value= 0.001 (p <0.5). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat spiritualitas dengan tekanan darah. Dengan nilai korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan tingkat sedang antara tingkat spiritualitas dengan tekanan darah. Simpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan sebagian besar responden berada dalam tingkat spiritualitas tinggi. Sebagian besar responden memiliki tekanan darah hipertensi stadium I. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat spiritualitas dengan tekanan darah pada pasien hipertensi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Tingkat spiritualitas, tekanan darah, hipertensi Daftar Pustaka : 29 (2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:06
Last Modified: 28 Jul 2023 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29965

Actions (login required)

View Item View Item