HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN LUKA KAKI PADA PASIEN YANG MENDAPAT PENDIDIKAN PERAWATAN KAKI DENGAN METODE TATAP MUKA

Anwariyah, Lilik (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN LUKA KAKI PADA PASIEN YANG MENDAPAT PENDIDIKAN PERAWATAN KAKI DENGAN METODE TATAP MUKA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900099_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900099_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi yang berbeda-beda bagi penderitanya salah satunya yaitu luka kaki diabetik. Luka kaki diabetik dapat terhindar apabila penderita diabetes memiliki pengetahuan dan perilaku pencegahan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan luka kaki pada pasien yang mendapat pendidikan perawatan kaki dengan metode tatap muka. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 pasien dengan diabetes melitus. Data yang diperoleh diolah secara statistic dengan menggunakan uji Somers’d. Hasil : Hasil penelitian didapatkan nilai p value=0,0001 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan luka kaki pada pasien yang mendapat pendidikan perawatan kaki dengan metode tatap muka di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Simpulan : Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan luka kaki pada pasien yang mendapat pendidikan perawatan kaki dengan metode tatap muka di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Kata kunci : tingkat pengetahuan, perilaku pencegahan, luka kaki diabetik. Daftar Pustaka : 30 (2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:35
Last Modified: 28 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29963

Actions (login required)

View Item View Item