HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI KESELAMATAN PASIEN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Mukarromah, Lailatul (2023) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI KESELAMATAN PASIEN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900095_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900095_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Gaya belajar adalah cara khas dan umum seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap melalui pembelajaran atau pengalaman. Gaya belajar adalah bagaimana seseorang mulai memfokuskan, menyerap, memproses, dan menyerap informasi baru dan sulit. Salah satu pelayanan masyarakat adalah pelayanan kesehatan, dan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan tenaga kesehatan seperti dibidang ilmu keperawatan dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.Dampak dari kompetensi mahasiswa yang kurang mengenai keselamatan pasien akan menimbulkan terjadinya insiden keselamatan pasien, seperti salah memberikan tindakan keperawatan kepada pasien, menyebabkan pasien menjadi cidera, melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur, dan lain sebagainya. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 109 responden. Data yang diperoleh diolah secara statistic dengan menggunakan uji Lambda. Hasil : Hasil penelitian dari gaya belajar dengan capaian kompetensi keselamatan pasien didapatkan nilai p value=0,021 dan dari kemampuan berpikir kritis dengan capaian kompetensi keselamatan pasien didapatkan nilai p value=0,033 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan capaian kompetensi keselamatan pasien pada mahasiswa keperawatan. Simpulan : Ada hubungan yang bermakna antara gaya belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan capaian kompetensi keselamatan pasien pada mahasiswa keperawatan. Saran : Saran yang dapat diberikan yaitu menjadi dasar penelitian selanjutnya dalam memberikan tindakan asuhan keperawatan. Peneliti juga dapat mengaplikan tingkat mutu penyalanan kesehatan kepada masyarakat. Kata kunci : Gaya belajar, kemampuan berpikir kritis, capaian kompetensi keselamatan pasien Daftar Pustaka : 26 (2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:39
Last Modified: 27 Jul 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item