HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP. Dr. KARIADI

Izza, Lailatul (2023) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP. Dr. KARIADI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900094_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900094_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks merupakan penyakit serius yang dapat membuat seseorang yang telah terdiagnosa menjadi putus asa. Penatalaksanaan pada pasien kanker serviks stadium lanjut dapat dilakukan dengan pemberian kemoterapi. Hal ini akan meningkatkatkan respon kecemasan pada pasien serta memengaruhi kualitas hidup pasien. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan terhadap kualitas hidup penderita kanker serviks yang menjalani kemoterapi di RSUP. Dr. kariadi. Metode: penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan koesioner. Jumlah responden sebanyak 110 orang dengan tehnik porposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistic dengan menggunakan spearman rank. Hasil: Berdasarka hasil analisa diperoleh responden pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi pada penelitian ini mayoritas berpendidikan rendah sebanyak 59% responden, usia resiko rendah 43 tahun sebanyak 76,3% responden, stadium kanker lanjut sebanyak 57% responden, mayoritas pekerjaan responden tidak bekerja 69,1% orang, mayoritas jumlah pendapatan >UMR sebanyak 63,6% responden. Tingkat kecemasan berat pada pasien kanker serviks sebanyak 57,3% Kualitas hidup baik pada psien kanker serviks sebanyak 50,9%. Hasil penelitian diperoleh (p-value = 0,000), sehingga Ho ditolak. Simpulan: Terdapat hubungan tingkat kecemasan terhadap kualitas hidup penderita kanker serviks yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. kariadi Kata kunci : Kanker serviks, Tingkat kecemasan, Kualitas hidup Daftar Pustaka :55 (2011-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:25
Last Modified: 28 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29958

Actions (login required)

View Item View Item