PENGARUH KOMBINASI TERAPI MUROTTAL SURAT AR-RAHMAN DAN AROMATERAPI SEREH TERHADAP TINGKAT INSOMNIA PADA PEREMPUAN MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANYUPUTIH

Fadlla Kamila, Khudzi (2023) PENGARUH KOMBINASI TERAPI MUROTTAL SURAT AR-RAHMAN DAN AROMATERAPI SEREH TERHADAP TINGKAT INSOMNIA PADA PEREMPUAN MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANYUPUTIH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900093_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900093_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Latar Belakang: Insomnia dilaporkan sebagai gejala utama selama periode menopause selain gejala hot flasesh. Prevalensi insomnia pada perempuan menopause bervariasi dengan kisaran keseluruhan antara 12 dan 79% perempuan di dunia. Penggunaan terapi komplementer saat ini telah meningkat untuk meringankan insomnia yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi terapi murottal surat Ar-Rahman dan aromaterapi sereh terhadap penurunan insomnia pada perempuan menopause. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian Quasi experimental dengan rancangan Non equivalent control grup. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan jumlah responden adalah 68. Pengolahan data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah diberikan kombinasi terapi murottal surat Ar-Rahman dan aromaterapi sereh dengan didapatkan p value 0,000 (p<0,05). Simpulan: Ada pengaruh pemberian kombinasi terapi murottal surat Ar-Rahman dan aromaterapi sereh terhadap insomnia pada perempuan menopause di wilayah kerja Puskesmas Banyuputih. Kata Kunci: Murottal surat Ar-Rahman; aromaterapi sereh; insomnia Daftar Pustaka: 58 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:51
Last Modified: 27 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29957

Actions (login required)

View Item View Item