HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA KELUARGA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Sukmowati, Indah (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA KELUARGA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900088_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Latar Belakang: Dalam pengendalian infeksi nosokomial (INOS), keluarga pasien memiliki peran penting pada peningkatan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan cuci tangan yang baik. Penerapan praktik cuci tangan sesuai dengan metode enam langkah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir ataupun hand sanitizer berbahan dasar alkohol untuk mencegah masuknya patogen ke dalam tubuh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kemampuan cuci tangan pada keluarga pasien di Ruang Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penlitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 107 responden, pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Spearman Rank Correlation. Hasil: Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil responden yang termasuk dalam kategori sedang pada tingkat pengetahuan sebanyak 48 (44,9%) responden. Pada kemampuan cuci tangan termasuk dalam kategori cukup dengan jumlah 56 (52,3%) responden. Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value: 0.000 (<0.05) yang artinya terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kemampuan cuci tangan pada keluarga pasien di Ruang Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang. Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan kemampuan cuci tangan pada keluarga pasien di Ruang Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang dengan keeratan hubungan yang sedang (0,421) serta arah hubungan positif. Kata kunci : Pengetahuan, Kemampuan, Mencuci tangan Daftar Pustaka : 45 (2010-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:59
Last Modified: 27 Jul 2023 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29952

Actions (login required)

View Item View Item