HUBUNGAN PERAN PENDIDIK KLINIS DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KLINIS

Erlinda, Ika (2023) HUBUNGAN PERAN PENDIDIK KLINIS DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KLINIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900085_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Latar Belakang: Peran pembimbing klinik yang baik akan menentukan bentuk pencapaian kompetensi pembelajaran khususnya untuk kegiatan praktik di rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan peran pendidik klinis dengan pelaksanaan Pendidikan klinis makasiswa profesi ners. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 75 responden dengan Teknik total sampling. Data yang di peroleh diolah statistic dengan uji Spearman Rank. Hasil: Hasil analisa bahwa dari 75 responden,Sebagian besar memiliki karateristik umur 22 tahun sebanyak 76,0 %, dengan karateristik jenis kelamin perempuan 96,0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik klinis baik (50,7% ), dan pelaksanaan Pendidikan klinis baik (49,3%). Hasil uji statistik di peroleh nilai p-value 0,000 yang artinya terdapat hubungan peran pendidik klinis dengan pelaksanaan pendidikan klinis. Simpulan: Adanya hubungan dari penelitian ini dengan hasil korelasi kedua variabel tersebut di hasilkan 0.698 yang di artikan kuat. Kata Kunci: Pelaksanaan Pendidikan klinis, Peran pendidik klinis Daftar Pustaka: 50 (1996-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:22
Last Modified: 27 Jul 2023 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item