HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA ORGANISASI TINGKAT AKHIR DI FIK UNISSULA

Vianti, Herni (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA ORGANISASI TINGKAT AKHIR DI FIK UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900082_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Latar Belakang: Sebagai mahasiswa dan organisator, tidak diragukan lagi merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar bagi mahasiswa untuk memenuhi kedua tanggung jawab tersebut agar kedua pekerjaan ini dapat berjalan dengan baik. Umumnya seorang mahasiswa diberikan tugas akhir, yang biasa disebut sebagai skripsi pada akhir masa studinya. Saat mahasiswa mengerjakan skripsi, banyak kendala yang dirasakannya sehingga mereka butuh perlu semangat dan motivasi. Teman sebaya memainkan peran penting dalam menumbuhkan keinginan mahasiswa untuk belajar Metode: Jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa organisasi tingkat akhir Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah total sampling sebanyak 93 responden. Uji korelasi yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Spearmen rank. Hasil: Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, mendapatkan hasil dengan menggunakan uji statistik korelasi spearman rank menunjukkan bahwa p value (0.000<0.05) sehingga H0 dari penelitian ini dapat ditolak, dan Ha diterima. Ini menandakan bahwa adanya korelasi yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa organisasi tingkat akhir di fakultas ilmu keperawatan Unissula. Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa organisasi tingkat akhir Di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Kata Kunci: Dukungan sosial teman sebaya, Motivasi. Daftar Pustaka: 29 (2016-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:31
Last Modified: 27 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item