HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN

Nadia Nabila, Fatin (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900073_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan adalah proses pembelajaran yang bertujuan individu dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan tempat dia berada. Untuk meraih pendidikan yang baik diperlukan motivasi yang tinggi dalam belajar. Dalam hal ini berkaitan dengan kepercayaan diri seseorang, apabila seseorang mempunya kepercayaan diri yang baik maka akan diikuti dengan motivasi yang tinggi pula. Metode:Penelitian ini merupakan studi deskritif analitik, menggunakan tekhnik random sampling dengan jumlah responden 150. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tekhnik analisa data menggunakan uji spearman’s. Hasil:Hasil analisis univariat motivasi belajar terbanyak yaitu memiliki motivasi belajar sedang dengan 109 responden (72,7%) dan dengan kepercayaan diri yang baik sebanyak 100 responden (66,7%), rata-rata umur 18-19 tahun, serta jenis kelamin paling banyak perempuan dengan 137 responden (91,3%). Hasil bivariat dengan uji spearman’s menyatakan bahwa motivasi belajar dan kepercayaan diri didapatkan hasil korelasi P=0,000 (P<0,05) dan nilai koefisien 0,451. Simpulan:Ada hubungan antara motivasi belajar dengan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan. Kata kunci:Kepercayaan diri, mahasiswa keperawatan, motivasi belajar Daftar pustaka:26 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:20
Last Modified: 27 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item