EFEKTIFITAS PEMBERIAN KOMPRES HANGAT SERAI DAN KAYU MANIS TERHADAP NYERI PADA LANSIA DENGAN KADAR ASAM URAT TINGGI DI PANTI TURUSGEDE REMBANG

Salsabila, Fatikhatus (2023) EFEKTIFITAS PEMBERIAN KOMPRES HANGAT SERAI DAN KAYU MANIS TERHADAP NYERI PADA LANSIA DENGAN KADAR ASAM URAT TINGGI DI PANTI TURUSGEDE REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900072_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Latar Belakang : Asam urat atau gout arthritis merupakan penyakit metabolik yang ditandai oleh penumpukan asam urat yang menyebabkan nyeri pada sendi. Nyeri yang tidak segera diobati maka akan menganggu aktivitas. Tujuan : Untuk mengetahui efektifitas pemberian kompres hangat serai dan kayu manis terhadap nyeri dengan kadar asam urat tinggi. Metode : Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperiment, yaitu pre-test and post-test with control group. Populasi dalam penelitian ini seorang lansia yang menderita nyeri dengan kadar asam urat tinggi dalam darah. Pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling dengan sampel 40 orang yang terdiri dari 20 kelompok intervensi dan 20 kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar pengukuran skala intensitas nyeri dengan Numeric Rating Scale (NRS). Uji statistic menggunkkan uji Paired T Test dan uji paired TIndependen Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan intensitas nyeri sebelum dan sesudah diberikan komres hangat serai dan kayu manis dengan nilai p value 0.000, artinya ada efektifitas yang segnifikan komres hangat serai dan kayu manis terhadap penurunan nyeri pada asam urat. Kesimpulan : Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa kompres hangat serai dan kayu manis dapat digunakan sebagai metode terapi nonfarmakologi untuk menurunkan nyeri dengan kadar asam urat tinggi. Kata Kunci : Asam urat, komres hangat, serai dan kayu manis Daftar Pustaka : 32 (2015-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:19
Last Modified: 27 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item