HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN MELAKUKAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG

Artu Alayya Karani, Faisa (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN MELAKUKAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900069_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Latar Belakang : Kesuksesan pelayanan ANC mampu ditinjau pada indeks Angka Kematian Ibu (AKI). Ada dua penyebab utama tingginya angka kematian, salah satunya adalah kurangnya pemahaman tentang penyebab dan pencegahan komplikasi penting pada kehamilan. Persoalaan pada ibu hamil ini mampu dicegah jika ibu serta keluarga tahu mengenai tanda bahaya kehamilan dan respon yang diberikan untuk mengatasinya. Langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kematian pada ibu hamil serta janin ialah dengan melakukan kunjungan rutin ANC. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 50 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus korelasi sommers. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 50 responden penelitian, menunjukkan 72,0% responden berpengetahuan baik, 26,0% berpengathuan cukup, 2,0% berpengatahuan kurang. Sebanyak 58,0% responden patuh melakukan ANC, dan 42,0% tidak patuh melakukan ANC. Bedasarkan hasil uji analisis didapatkan nilai p value 0,041, nilai signifikansi kurang dari taraf signifikansi 5%, dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,286. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan dengan kepatuhan melakukan ANC di Puskesmas Bangetayu Semarang, hubungan yang ada termasuk cukup yang bearti semakin tinggi pengetahuan ibu hamil maka semakin rajin ibu hamil melakukan ANC. Kata kunci : Pengetahuan tanda bahaya kehamilan, Kepatuhan ANC Daftar pustaka : 28 (2017-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:16
Last Modified: 27 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item