HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA FIK UNISSULA YANG AKAN MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER

Putri Andini, Ersa (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA FIK UNISSULA YANG AKAN MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900066_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901900066_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Latar Belakang: Stres dikaitkan dengan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan dan suasana yang penuh tekanan. Stres yang berkepanjangan bisa mempengaruhi aspek dan sistem tubuh seseorang dengan menimbulkan kecemasan, kemarahan, dan frustrasi. Dampak dari stres emosional antara lain kecemasan, emosi, depresi, serta stres fisik dan psikologis. Saat stres, siswa cenderung melakukan aktivitas yang menyebabkan gangguan tidur dan insomnia. Stressor ini dapat menyebabkan kecemasan akademik pada mahasiswa seperti perasaan stres dan takut, yang mempengaruhi pada penurunan kinerja dan hasil nilai akademik dari mahasiswa. Metode: Jenis penelitian Kuantitatif dengen menggunakan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Angkatan 2022 Fakultan Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah random sampling sebanyak 143 responden. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Spearman rank. Hasil: Hasil penelitian didapatkan dengan menggunakan Uji Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p value (0,000< 0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara stres dengen kejadian insomnia. Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dan kejadian insomnia pada mahasiswa keperawatan angkatan 2022 (p value 0.000). Kata Kunci: Tingkat stres, Kejadian Insomnia Daftar Pustaka: 39 (2013-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:14
Last Modified: 28 Jul 2023 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29930

Actions (login required)

View Item View Item